Tuesday, November 27, 2012

wedding preparation


Assalamualaikum....

huaahh...lama ngga menulis nulis disini ya..oke..hari ini saya mo sedikit bercurhat - curhat ria seputar persiapan pernikahan saya disini.
karena sebelumnya saya ngga banyak bahas tentang kelanjutan dari lamaran september lalu, yah inilah kelanjutanya, waktu itu setelah lamaran emang ngga sekalian bahas tanggal pernikahan dan lainya. loh kenapa ? ya saya pun ngga tau..haha
karena sebenernya mah..tanggal, dan konsep - konsepan buat nikahan, resepsi dan lain - lain bahkan sampe ke hal terkecil udah ada kepikiran bahkan udah tutulisan di buku yang selalu saya bawa kemana2..ini nih penampakan bukunya..
Nah...selanjutnya..setelah lamaran itu..urusan nentuin tanggal pernikahan seakan diserahkan sama saya dan calon suami saya, Alhamdulilah orang tua kami ngga banyak mempersulit dengan harus ngikutin tradisi dengan ngitung - ngitung tanggal, dan cari hari baik buat menikah..mereka percaya, semua hari dan tanggal itu baik tentunya buat niat yang baik :) *sesuatubangetyaaa...
Dan...
Akhirnya..tanggal 10 Maret 2013 kami pilih buat melangsungkan akad nikah sekaligus resepsi nya,  tepat hari minggu, semua orang libur, dan selasa setelahnya libur juga,jadi senin nya bolos sehari lah..haha
jadi itung - itungan tanggal nya ya berdasarkan tanggal merah yang ada di kalender 2013..hihihi
teruuss..apalagi yaa..tanggal udah fix, lanjut deh..kita nyicil bebelanjaan buat seserahan.
nah..belanja buat seserahan juga ngga ngikut tradisi apa - apa..kaya mesti berjumlah ganjil gituh..
teruuss..mulai nyari - nyari info tukang rias, catering, fotografi dll. kebetulan waktu itu di Bandung ada Wedding Exhibition di Graha Tirta Jln Lombok, meluncur lah kami kesana..kebetulan emang c mas sengaja dateng ke Bandung buat hunting2 hari itu.
setelah sebelumnya saya rajin mantengin FB..Blog..Web nya vendor - vendor wedding, pas dateng ke WeddEx juga ngga blah bloh teuing..dan kebeneran banget juga..kerjaan saya sebagai penari Upacara Adat Mapag Panganten di sela - sela kuliah cukup membantu nambah - nambah referensi ilmu wedding preparation,dari hasil observasi setiap saya nari.....*halaahh observasi siga penelitian wae atuh..
inilah..hal - hal yang mesti disiapin dari jauh - jauh hari..
nah..saya mau share sedikit nih..buat pilih2 vendor wedding buat yang sama2 lagi prepare juga yaaa....
bissmillah..mudah2an bermanfaat... :)

1. Catering
     Setiap resepsi, hajatan, acara yang mendatangkan banyak tamu, pasti yang pertama dikomen tuh makanan, harus enak, bersih, dan tertata di setiap penyajianya, dari acara sederhana,,sampe yang mewah banget..tetep makanan yang pasti dikomen.dari hasil curi - curi ilmu tiap selesai nari, saya selalu merhatiin keadaan sekitar di tempat acara berlangsung, rata2 sih di gedung ya..tapi ngga selalu juga sih..acara dirumah juga ada..
Nah..buat acara di Gedung..kebanyakan orang milih jasa catering, alasannya pertama orang yang punya acara ngga mesti cape harus nyiapin makanan dengan belanja,masak, sewa alat - alat makan, nyiapin panitia yang ngurusin makanan dll, karena semua udh dikerjain sm tim dari catering..great !Leres pisan! tapi...kita tetep mesti ati -ati milih cateringnya, kalo bisa sih icip - icip dulu sebelum menyatakan FIX mo pake jasa cateringnya, tapi kalo udah terpercaya atau mungkin udah langganan sih ya gapapa lah...nah..itu icip - icip berati masalah rasa makanan yaa..terus kebersihan dan kegesitan kerja dari tim catering itu kita mesti tau dulu, soalnya saya pernah liat tim catering yang kerjanya ngga paruguh alias berantakan, nasi abis,,belom di isi lagi, piring kotor numpuk di meja dekorasi foto prewed, meja air minum dibiarin kosong dll..jangan sampe lah itu kejadian..malu - maluin banget yang hajat kan..buat menghindari, kita bisa tanya kapan vendor catering yang mau kita pilih itu bakal ada acara, terus kita minta diundang kesana buat icip- icip tadi sambil merhatiin tim kerja catering nya..terus..buat pilih menu..itu relatif sih ya..kalo saya mah ngga muluk2..dan ngga ribet2..sesuai dengan konsep sederhana, pilhan menu makanan berat nya yang standar aja, terus pilihan buat stand2 makanan lain nya jg ngg terlalu banyak.. :) itu mah disesuaikan dengan budget masing2 lah yaa...

2. Dekorasi + Rias Pengantin
      Nah..buat Dekorasi + Rias..biasanya banyak yang masih ngikutin tradisi ya..buat dekorasi, saya mah pilih yang simpel2 tp rada berbau vintage, sesuai sama foto - foto prewed nya juga..yang udh di posting sebelumnya yaa..kebetulan ada temen yang emang punya vendor sendiri buat dekorasi pelaminan, jadi saya ambil dari dia,,lumayan...nawar nya ngga kagok,terus kl ada kurang2 kan gampang..hehe
jadi kalo buat dekorasi, sesuai selera yaa..
buat rias pengantin,,,,ini nih yang mesti diperhatiin detail..*kalo menurut sayaaa....
kenapa mesti detail ?karena setiap calon pengantin pasti pengen tampil cantik dan ganteng dan paliiingggg cetar membahana badai mun ceuk syahrini mah..
buat CPW..pilih rias pengantin liat riasan wajahnya..kita bisa minta kasi liat dokumentasi yang udah - udah dari vendor rias nya, kalo udah..liat seberapa rapi riasan wajahnya, terutama alis..biasanya yang paling bikin kita pangling pas make up-an itu bentuk alis..kalo saya..liat yang riasan wajah nya ngga terlalu berlebihan alias menor jedoor, *kebetulan suka makeup sendiri jadi bisa bandingin..hehe terus bentuk alis ngga terlalu kecil, sebaiknya jangan dicukur2 ato dicabutin bulu alisnya, (khusus muslimah ada larangan mencukur bulu alis) cari yang emang bisa bentukin alis lebih rapi dan natural tp bikin kita jd pangling..kalo tukang riasnya udh profesional pasti bisa lah..hehehe
terus buat CPL nya sih...standar lah yaa..ngga di makeup in ko.hehe paling bedak2 aja seulas.. :D
terus pilihan baju yang bakal kita pake nanti..dari mulai akad nikah sampe resepsi, pastiin..mau bikin sendiri, atau sewa dari tukang rias..kalo saya mah..buat akad emang bikin sendiri..ngikutin saran dari bibi - bibi ade nya babeh katanya "bikin aja buat akad, biar ada kenang2an" tapi kalo bikin nantinya mu dipake kemana ya ?secara baju akad biasanya warnanya putih dan berbentuk kebaya..nah..berhubung saya pun berfikir demikian, saya ngga bikin dalam bentuk kebaya, saya bikin yang bentuknya long wide dress..*ehh bener ga ya itu namanya ?hee
berbekal dari ngintip2 terus blog & video wedding nya mba Dian Pelangi jadi terinspirasi bikin dress model begitu..hehe akhirnya menggambarlah saya bentuk dress yang mirip2 dan masang2 batu2 disertai taburan payet di renda yang nantinya dipasang di bagian dada nya..ini nih..penampakanya...hehe



selanjutnya buat baju resepsi, saya pilih kebaya, tapi ngga bikin..cukup sewa ke tukang rias aja, karena biasanya kebaya yang dipake resepsi keliatan mewah..ngga kebayang juga kalo bikin perlu budget berapa...hahaha 
nah...buat milih bentuk kebaya..sekarang kan banyak nih..model - model kebaya..dari yang simpel sampe yang pake ekor jadi kalo jalan panjaaaang banget ngambai dibelakang..terus model2 kebaya modern yang digabung sm victorian dress..*lagi musim tuh rok anu melendung2 teaa..
tapi..jangan asal pilih,,sesuaikan dengan bentuk tubuh kita..bisii..ternyata yang kita pilih malah ngga cocok sama bentuk tubuh kita.. :)

huaaahh...lumayan pegel juga yah..tos heula ahh..
engkin dilanjut deui curhat2 + sharing2 na..ayeuna bade netepan isya heula..
waassalam... :)

2 comments:

  1. yaahh...blog ny udah tewas yak :(
    ga ada apdet lg.
    huhuhu...

    ReplyDelete
  2. Hi Mbak,

    Saya Ivonne, co-founder dari KlubEvent.com - Portal dimana para perencana event dapat mencari dan memberikan review vendor event sekaligus berkomunikasi online dan book vendor. Mbak, saya mau tanya kalau mbak berkenan untuk memberikan review pendek tentang vendor photografer/catering di klubevent.com. Tentunya review mbak akan sangat membantu teman-teman lainnya yang sedang pusing memilih vendor fotografi/katering. Kalau berkenan, mbak bisa kontak saya di ipratiwi@klubevent.com. Terima kasih ya mbak.

    ReplyDelete